Senin, 03 November 2014

Tahap Perkuliahan ke-1(a): Pengembangan Karakter

1. Temukan makna yang sangat berarti sebagai motivasi
a. carilah dan tuliskan 5 makna (arti penting) mengikuti program D1 ITB.
b. Buatlah penilaian 5 makna tersebut dari yang paling bermakna sampai yang paling kecil maknanya.

jawab :
1a). a. belajar mandiri
      b. ingin membahagiakan orang tua
      c. bisa menjadi orang yang lebih baik
      d. menambah pengetahuan dan wawasan yang luas
      e. menggapai cita-cita

1b). a. mendapatkan ilmu yang bermanfaat
       b. banyak teman
       c. bisa menjadi pribadi yang lebih baik
       d. belajar berwirausaha
       e. banyak pengetahuan yang tidak tahu menjadi tahu

2. Kegiatan generik harian saat ini.
Sebelum mengikuti program D1 ITB setiap peserta pasti memiliki kegiatan harian. Sekarang, tulis kegiatan harian tersebut, sesuai yang dilakukan sehari-hari. Tidak perlu sama untuk setiap peserta. Tidak perlu merasa salah kalau berbeda dengan rekan lain.

Jawab: 
Kegiatan yang dilakukan sebelum mengikuti program D1 ITB yaitu pada waktu pagi pukul 05.00 bangun tidur dan waktunya solat, setelah itu beres-beres membersihkan rumah. Pada pukul 08.00 waktunya sarapan dan langsung bergegas berangkat menuju kantor SEAMOLEC, dikantor  saya sangat senang karna di sini orang-orang sangat ramah dan sopan karena disini kita harus menjalankan 3 S yaitu Sapa,Sopan,Senyum kepada semuanya entah itu Direktur,Pegawai,Secirity maupun Office Boy. itulah yang harus diterapkan dikantor SEAMOLEC setau saya. hehehe,,,
Setelah sampai dikantor saya langsung membantu pegawai yang ada diseamolec seperti menginput data,mengetik SPPD manual, saya disini ditempatkan di divisi Admin. Pada pukul 17.00 waktunya pulang dari seamolec dan sampainya dirumah langsung bergegas membereskan rumah kembali. Pukul 18.30 saya makan bersama keluarga bibi saya karna saya disini tidak bersama orang tua jadi saya harus belajar mandiri. Setelah selesai makan bersama saya langsung belajar membaca buku yang harus dipelajari untuk nanti mengikuti kuliah online D1 di ITB sambil mendengarkan musik. Pukul 21.00 waktunya istirahat dan kegiatan itu dilakukan setiap harinya.

3. Merancang kegiatan generik harian IDEAL
Dari kegiatan generik harian yang ideal, buatlah rencana kegiatan generik harian IDEAl yang sesuai dengan peserta. Tidak perlu sama untuk setiap peserta. Tidak perlu merasa salah kalau berbeda dengan rekan lain. Yang terpenting, dapat mengalokasikan waktu yang cukup untuk belajar dan mampu dilakukan peserta secara konsisten setiap hari.

Jawab:
Pada pukul 05.00 bangun tidur+sholat shubuh
pukul 06.00 membereskan tempat tidur dan rumah
pukul 07.00 mengantarkan keponakan sekolah
pukul 08.00 sarapan pagi
pukul 09.00 nonton tv atau memainkan laptop
pukul 12.00 makan siang,sholat dzuhur
pukul 13.00 menjemput keponakan sekolah
pukul 14.00 istirahat
pukul 15.30 solat ashar
pukul 16.00 membereskan rumah
pukul 18.00 solat maghrib
pukul 18.30 makan malam
pukul 19.00 solat isha
pukul 20.00 belajar
pukul 21.00 istirahat tidur


4. Merancang cara belajar mandiri
a. Tuliskan tahapan/ cara belajar yang selama ini dilakukan.
b. Buatlah Cara Belajar Mandiri berdasarkan contoh Tahapan Belajar yang generik (lakukan tiap tahap secara disiplin).
Keterangan:
○ Variasikan cara belajar sesuai pribadi masing-masing (dengan musik, di alam, diskusi dengan teman, membaca di perpustakaan, dsb) agar seluruh instrumen belajar (pendengaran, penglihatan, hati, pikiran) semuanya menjadi aktif .
○ Pastikan motivasi dan rasa ingin tahu semakin besar dengan bertambahnya pengetahuan dan ketrampilan.
a. Tuliskan tahapan/ cara belajar yang selama ini dilakukan.
jawab :
a. membaca buku, merangkum, menghapal
b. belajar inisiatif
c. 

Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar:

Posting Komentar